Cemerlang Resmi dan Liar

5218shogun-axl-1.jpgDi 2010 adalah tahun keberuntungan buat Herman Lo alias Ahon, suhu korek bebek 4-tak lewat sentuhan kem. Apa pasal? Meski jarang tampak di road race. Namun di dunia kebut lurus atau drag resmi maupun liar, prestasinya terus cemerlang.

Lihat aja dua tunggangan di atas. Suzuki Shogun 125 milik Erwin dengan joki Toni Montana, jawara kelas 250 cc 4-tak event drag bike di Bekasi, dengan best time 8,280 detik trek 201 meter. Lalu Shogun 125 punya Rahmat, saat ini kata nya tidak ada lawan di seputaran Jakarta.5219shogun-axl-2.jpg

“Dua motor ini punya kesamaan karakter korekan. Baik itu durasi kem, reamer karburator hingga knalpot. Yang membedakan kemampuan masing-masing tunggangan terletak pada besar volume silinder,” jelas mekanik Surya Motor Sport di Jl. Raya Citayam, No. 18, Depok ini.


Bulatnya motor Erwin jadi 199,9 cc. Aslinya, bore x stroke Shogun 125 adalah 55,2 mm x 53,5 mm. Lalu, pin piston digeser keluar 3 mm. Sehingga, langkah nambah 6 mm alias jadi 61,2 mm. Sementara, bore dinaikan jadi 64,5 mm.

“Shogun 125 Erwin menggunakan piston Tiger oversize 100 ukuran 64,5 mm. Sementara Shogun 125 Rahmat disumpal seher Tiger oversize 200, yang punya diameter 65,5 mm dengan ubahan stroke sama. Makanya cc-nya jadi 206," tambah mekanik asli Singkawang ini.

5220shogun-axl-3.jpgSeperti biasa, drag beda dengan road race. Daya tahan jadi nomor dua. Yang penting tenaga besar cepat tersalur. Momen puntir awal yang paling diutamakan. Orang awam bilang torsi. Makanya perbandingan kompresi dua kuda pacu ini dibikin sama. Yaitu, 15,8 :1 dengan karakter bentuk head semi bathub. Pas banget dibakar bensol.

Torsi didapat pada putaran rendah. Bisa dilihat dari Lobe Separation Angle (LSA) 107º dengan overlap 50º. Tenaga puncak terus terisi dari 9.000 sampai 11.000 rpm.

Selain kompresi dan kem, Ahon juga menunjuk ubahan pada karbu. Lagi-lagi twin Shogun 125 disuplai gas bakar dari pengkabut merek Keihin PE 28. Kedua karbu yang aslinya 28 mm, direamer hingga mencapai 30 mm.

“Tapi yang penting dan inti dari ubahan kedua motor di atas diameter lubang porting bukan cuma dibikin lebih besar dari sebelumnya. Namun arahnya juga ikut diperbaiki,” tegas Ahon.

DATA MODIFIKASI

Klep : Honda Tiger
Sok belakang : YSS
CDI : Rextor
Knalpot : Elmer SMS
Koil : Yamaha YZ125
Di kutip dari motorplus

Ditulis Oleh : Cindy Auliya Hari: 19.21 Kategori: