Fischer MRX Siap Jadi Generasi Motor Sport Baru Amerika




Fischer MRX Siap Jadi Generasi Motor Balap Baru Amerika

Sejak merek Buell tenggelam ketika badai krisis keuangan global menghantam, kebutuhan akan sepeda motor balap yang inovatif, menarik dan berkekuatan tinggi di Amerika semakin menjadi.
Meski Fischer MRX belum memenuhi semua kriteria yang dibutuhkan tersebut, namun Dan Fischer dan perusahaannya hadir berusaha memenuhinya dan berjalan ke arah yang positif.

Seperti dilansir Gizmag 6 Juli 2010, Fischer MRX 650 merupakan salah satu motor keluaran Fischer yang mengambil mesin, forks, roda dan rem dari Hyosung GT650 (merupakan kopian dari Suzuki SV650) yang dipasangkan dengan rangka dari GP-stype keluaran tahun 1990, suspensinya berasal dari Gemini Technologies dengan Ohlins di bagian belakangnya serta desain yang sangat menarik dari Glynn Kerr. Mereka menargetkan harga jualnya di bawah US$8,000.


Di tahun 2002, Dan Fischer sempat menjalin kerja sama dengan Rotax untuk menggunakan mesin 1000cc V-Twin yang sama dengan Aprilia RSV Mille. Serta menggandeng desainer terkenal Glynn Kerr dan spesialis rangka Amerika, Gemini Technologies menciptakan prototype motor balap yang luar biasa.


Sayangnya, Rotax kemudian tak diperbolehkan menjual mesinnya kepada Fischer oleh perusahaan Itali yang mengontraknya untuk produk Aprilia.

Tanpa bantuan mesin Rotax 1000cc, Fischer kemudian kembali menggunakan mesin buatan Hyosung, dan kini beberapa tahun kemudian, Fischer MRX telah diproduksi di Maryland, USA. Untuk meyakinkan bahwa produksinya memiliki pegangan yang istimewa, Fischer menggunakan Gemini Technologies yang biasa memproduksi Harley Davidson VR1000.


Meski Hyosung merupakan manufaktur asal Korea yang masih dipertanyakan, namun Fischer berhasil membuatnya menghasilkan mesin berkekuatan Jepang yang cocok untuk Amerika.


Hyosung sempat diberitakan memproduksi mesin SV650 untuk Suzuki, karenanya tak heran apabila mesin GT650 sedikit mirip dengan SV650 keluaran tahun 2003, salah satu kesamaannya adalah pada penggunaan karburator Mikuni twin 39mm.


Menurut Gizmag, yang disayangkan adalah penggunaan suspensi dari Ohlin pada bagian belakang. Karena pada dasarnya kurang sesuai dengan mesin GT650 yang tergolong ‘kelas bawah’ sehingga hanya memperbesar biaya produksi saja.


Meski demikian, penggunaan Glynn Kerr yang sempat mendesain untuk Yamaha di akhir tahun 1980-an menutup kekurangan tersebut.


Dengan lekukan bodi yang tajam serta detail seperti pada bagian ekornya, Kerr mampu membuat MRX terlihat unik sekaligus stylish.


MRX kini telah dijual di Amerika Serikat, Kanada, dan Indonesia, dan baru saja diterima di Australia. Dengan standar harga retail US $7999 dan setiap Negara bebas menentukan variable angka di setiap pasarnya.


Di Indonesia sendiri, Fischer MRX 650 yang dijual melalui PT Minerva Sachs Indonesia dengan harga Rp 120 juta rupiah.

Sejak merek Buell tenggelam ketika badai krisis keuangan global menghantam, kebutuhan akan sepeda motor sport yang inovatif, menarik dan berkekuatan tinggi di Amerika semakin menjadi.

Meski Fischer MRX belum memenuhi semua kriteria yang dibutuhkan tersebut, namun Dan Fischer dan perusahaannya hadir berusaha memenuhinya dan berjalan ke arah yang positif.

Seperti dilansir Gizmag 6 Juli 2010, Fischer MRX 650 merupakan salah satu motor keluaran Fischer yang mengambil mesin, forks, roda dan rem dari Hyosung GT650 (merupakan kopian dari Suzuki SV650) yang dipasangkan dengan rangka dari GP-stype keluaran tahun 1990, suspensinya berasal dari Gemini Technologies dengan Ohlins di bagian belakangnya serta desain yang sangat menarik dari Glynn Kerr. Mereka menargetkan harga jualnya di bawah US$8,000.

Di tahun 2002, Dan Fischer sempat menjalin kerja sama dengan Rotax untuk menggunakan mesin 1000cc V-Twin yang sama dengan Aprilia RSV Mille. Serta menggandeng desainer terkenal Glynn Kerr dan spesialis rangka Amerika, Gemini Technologies menciptakan prototype motor balap yang luar biasa.

Sayangnya, Rotax kemudian tak diperbolehkan menjual mesinnya kepada Fischer oleh perusahaan Itali yang mengontraknya untuk produk Aprilia.

Tanpa bantuan mesin Rotax 1000cc, Fischer kemudian kembali menggunakan mesin buatan Hyosung, dan kini beberapa tahun kemudian, Fischer MRX telah diproduksi di Maryland, USA. Untuk meyakinkan bahwa produksinya memiliki pegangan yang istimewa, Fischer menggunakan Gemini Technologies yang biasa memproduksi Harley Davidson VR1000.

Meski Hyosung merupakan manufaktur asal Korea yang masih dipertanyakan, namun Fischer berhasil membuatnya menghasilkan mesin berkekuatan Jepang yang cocok untuk Amerika.

Hyosung sempat diberitakan memproduksi mesin SV650 untuk Suzuki, karenanya tak heran apabila mesin GT650 sedikit mirip dengan SV650 keluaran tahun 2003, salah satu kesamaannya adalah pada penggunaan karburator Mikuni twin 39mm.

Menurut Gizmag, yang disayangkan adalah penggunaan suspensi dari Ohlin pada bagian belakang. Karena pada dasarnya kurang sesuai dengan mesin GT650 yang tergolong ‘kelas bawah’ sehingga hanya memperbesar biaya produksi saja.

Meski demikian, penggunaan Glynn Kerr yang sempat mendesain untuk Yamaha di akhir tahun 1980-an menutup kekurangan tersebut.

Dengan lekukan bodi yang tajam serta detail seperti pada bagian ekornya, Kerr mampu membuat MRX terlihat unik sekaligus stylish.

MRX kini telah dijual di Amerika Serikat, Kanada, dan Indonesia, dan baru saja diterima di Australia. Dengan standar harga retail US $7999 dan setiap Negara bebas menentukan variable angka di setiap pasarnya.

Di Indonesia sendiri, Fischer MRX 650 yang dijual melalui PT Minerva Sachs Indonesia dengan harga Rp 120 juta rupiah.












Ditulis Oleh : Cindy Auliya Hari: 21.25 Kategori: