Tahun Depan Tahunnya Motor Sport



OTOMOTIFNET - Setahun belakangan, Anda pasti jenuh dengan model-model motor jenis sport dari pabrikan Jepang. Modelnya pun biasa-biasa saja, enggak ada yang spesial.

Paling tidak cuma ubah warna dan striping baru atau kalaupun ada ganti model lampu, knalpot dan pernak-pernik lain.

Hadirnya Kawasaki Ninja 250 akhirnya jadi pelepas dahaga meski harganya di atas Rp 40 jutaan. Momen itu diambil pula oleh pabrikan motor India. Dengan banderol yang lebih terjangkau jadi alternatif sportmania.

Tapi tenang, beberapa pabrikan motor nasional sedang menyiapkan senjatanya untuk kembali berperang. Ada yang diimpor dari India, Jepang bahkan model change siap dipasarkan.


HINDUSTAN
Gosip paling santer di media maupun milis-milis otomotif adalah Yamaha FZ-160. Naked sport ini diproduksi dan telah diluncurkan oleh Giant Yamaha Motors, India tahun lalu.
Dengan spek dan fitur yang tak setinggi V-Ixion, FZ 160 sudah cukup mencuri perhatian masyrakat melalui sneak previewnya. Bagi konsumen, meskipun bermesin 2 katup, SOHC berkapasitas 153.7 cc, yang terpenting sebenarnya adalah harga.

Kalau FZ itu diimpor langsung dari negeri Hindustan, mungkin saja harga jual di Indonesia tidak bisa ditekan abis. Maklum, India belum ikut AFTA (Asean Free Trade Area) seperti negara Asean semisal Thailand.

Di Mumbai, salah satu kota di India, FZ 160 dijual 74 ribuan rupe. Atau, berkisar Rp 15 jutaan. Jika ditambah pajak bea masuk dan lain-lain, banderol bisa tembus Rp 17-18 jutaan. Itu belum ambil untung, lo!

Soal kepastian resmi akan mulai dipasarkan di Tanah Air, pihak YMKI belum mau buka suara. Namun suara dari kepala cabang salah satu dealer resmi Yamaha mengatakan paling telat akhir tahun sudah dipasarkan. Tuh kan!

Apakah FZ akan gantikan V-Ixion? Kayaknya tidak, sebab jika melihat penjualan sport injeksi Yamaha itu beberapa bulan ini lagi oke-okenya. Jualannya dari 12 ribuan di Januari terus meningkat ke 19 ribuan/bulan di Agustus.

Kabarnya malah Scorpio yang bakal ‘diusir’ dan digantikan. Menurut sumber beda menjelaskan FZ ini akan berada di tengah-tengah V-Ixion dan Scorpio. Jadi Vixie tetap dipertahankan namun Scorpio-nya yang akan diremajakan dengan yang baru dengan kapasitas mesin yang lebih besar. Boleh jadi Scorpio diambil alih oleh Fazer 250.



Bagaimana Honda? Kayaknya mereka sedang konsen sama skutik. Pasalnya hanya kelas inilah Honda kalah sama Yamaha, sedangkan bebeknya masih di atas angin. Sportnya? Sama dengan skutik juga kalah sama Yamaha. Berkat V-Ixion-nya lah Yamaha berhasil merebut pasar sport dari Honda Mega Pro dan Suzuki Thunder 125 yang beberapa waktu lalu sempat memimpin. “Ya, tahun depan kita harus merefresh lagi sportnya,” ungkap Julius Aslan, marketing director PT Astra Honda Motor (AHM), saat dijumpai di acara buka puasa bersama di Jakarta.

Ucapannya itu agaknya bukan bualan, karena AHM memang sedang menyiapkan pengganti Mega Pro yang kalau tak salah terakhir alami facelift tahun 2006. Artinya siklus 3 tahun untuk refreshment emang mesti dilaksanakan di tahun 2010.

Tapi kali ini, Honda agaknya tak tanggung–tanggung. Mega Pro direncanakan akan dimajor change (berubah model). Bodi berubah total, mesin ditingkatkan dan mengadosi monosok di roda belakang. Hmmm....Eh, ntar dulu. Ada kabarnya lain, AHM pun tertarik untuk bermain di motor sport premium. Namun bukan sekelas CBR150 lo, tapi di atasnya. “Ya, sekelas Ninja 250 gitu deh,” ujar sumber terpercaya yang ogah ngetop ini.

Apalagi ditunjang oleh strategi Honda Motor Co., Jepang yang telah memindahkan sebagian produksi motornya ke Thailand tahun ini. Khususnya buat motor 250 cc yang akan dieskpor tahun depan. Kalau begitu, AHM mestinya tak sulit lagi datangkan sport Honda 250 cc dari negeri Gajah Putih itu. Harganya? Kayaknya bisa ditekan dibanding impor sport dari negara lain. Karena Thailand masuk ke negara AFTA.

Suzuki piye? Belum banyak kabar tentang sport dari pabrikan motor huruf ‘S’ ini. Namun ada rencana dari pihak PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), ATPM Suzuki untuk memboyong motor sport dari India. “Ada kemungkinan mau ambil dari India. Modelnya cukup keren buat gantiin Thunder,” ucap sumber terpercaya dari SIS.

Di Suzuki Motorcycle India, model sportnya ada dua; Zeus 125 yang enggak beda jauh sama Thunder dan GS 150R. Nah, model terakhir itulah yang kemungkinan besar bakal jadi pesaing Yamaha FZ 160 dan Honda New Mega Pro yang punya cc engine setara (150-160 cc).

Wah makin seru nih tahun depan!

========================

Yamaha = FZ-16 & Fazer 250
Honda = New Mega Pro dan Sport 250cc?? CBR nya kemana?
Suzuki = Zeus 125 dan GSR 150

kita buktikan aja kata2 petinggi ATPM ini, meleset lagi apa engga..

Ditulis Oleh : Cindy Auliya Hari: 13.56 Kategori: