Konversi Bensin ke LPG




ITCOMU.blogspot.com. -mungkin udah sering terdengar di telinga kita kalau ada motor yang menggunakan bahan bakar gas (LPG) namun kita masih sangat jarang melihatnya di jalanan. mungkin ada baiknya juga kita buka bahasan tentang hal tersebut disini. baiklah kita mulai dengan gambar yang ada. ini adalah contoh modifikasi motor yang menggunakan LPG, namun dari segi keamanan motor tersebut masih sangat kurang. karena tidak adanya protector yang melengkapi dari skema atas motor tersebut.


kita akan jelaskan sedikit tentang perbandingan LPG dan bensin...Secara empiris pun LPG mendekati bensin.
Bensin 2C8H22 + 27O2 ----> 16CO2 + 22H2O
Dari reaksi jelas terlihat kalau bensin membutuhkan 27 oksigen.

Dilihat secara empiris kesetaraan reaksi LPG juga dapat dilihat C3H8 + 5O2 ---> 3CO2 + 4H2O.
LPG hanya membutuhkan 5 oksigen. jadi untuk intake menggunakan LPG bisa menutup penuh bagian karburator pada motor. hehehe rumit yaa...

LPG memiliki bilangan angka oktan lebih tinggi dari bensin. LPG memiliki angka oktan di atas 100. Artinya cocok dengan mesin kompresi tinggi.

lanjut yuk....untuk karburator boleh dimodifikasi sendiri atau di beri tambahan yaitu dengan menggunakan "karburator" atau kran kompor gas subsidi BBM dari perintah itu lho.yang di pasang sebagai ganti kran bensin.
INI ADALAH contoh rangkaian gas LPG yang disalurkan ke MESIN
aku jabarkan proses instalasi LPG ke motor pake kata-kata ya.
TABUNG GAS --> REGULATOR --> KATUP--> KRAN--> SELANG --> water protector --> SELANG --> KRAN-->katup masuk --> intake manifol.



PENJELASAN: dari TABUNG, gas dilewatkan ke regulator, sukur-2 pake regulator yang sudah ada setelan kran-nya yaitu regulator yang sering di pake oleh penjual nasi goreng di pinggir jalan itu lho. ini berfungsi untuk menurunkan tekanan gas yang keluar agar menjadi kecil, atau untuk mengatur keluarnya gas yang akan di salurkan. nah setelah melewati regulator + kran gas akan disalurkan ke water protector, dia berfungsi sebagai pelindung agar jika terjadi arus balik dari gas bisa terputus oleh water protector tersebut. hehehe... keamanan adalah yang utama. setelah lewat dari protector, gas dengan tekanan rendah tersebut disalurkan ke katup, katup ini bisa di dapat di toko bangunan yang biasanya buat katup air, sehingga dia bisa masuk tapi gak bisa keluar. Barulah gas masuk ke manifol, dengan cara manifol terlebih dahulu di lobangi untuk masuknya gas. tambahan, pengecekan berkala akan menambah keamanan menggunakan LPG

DOWNLOAD FILENYA

Ditulis Oleh : Cindy Auliya Hari: 07.06 Kategori: