Novita Noerfitriana : Wanita tangguh pelahap trek motocross

ITCOMU.blogspot.com. -Terjun di lintasan yang berdebu hingga berkubang lumpur tidak menciutkan nyali dan hati dara asal Anjarsari, Bandung.
Saat ini sudah sangat jarang sekali ada wanita yang terjun ke dunia balap. Terlebih di ajang balap ekstrim yang memang sangat membutuhkan mental dan fisik yang kuat seperti halnya Grasstrack atau Motocross.

Anggapan itu langsung terpatahkan saat bertemu dengan sosok cewek cakep bernama lengkap Novita Noerfitriana Anjani Putri ini. “Pertama bisa naik motor sih sudah dari kelas 4 SD, kalo ga salah jenisnya mini trail yang kapasitas mesinnya 80c c,” buka dara manis asal Arjasari, Bandung, Jawa Barat ini.
Tempaan kedua ortu dan arahan dari kedua kakak laki-laki yang juga menggeluti hobi yang sama membuat dara yang lahir pada November 1994 silam ini kian menjadi. “Pertama ikutan balapan resmi waktu kelas 5 SD, waktu itu tahun 2005. Sempat merasa deg-degan dan khawatir namun karena sudah terbiasa latihan bareng kakak yang semuanya laki-laki jadinya enjoy juga meski harus jatuh bangun, soalnya waktu itu lintasan berlumpur,” beber dara asli Sunda ini.
Menginjak kelas 3 SMP, cewek yang di lintasan balap biasa disapa Fitria HBR ini semakin serius menggeluti olah raga balap yang kerap berdebu dan berlumpur ini. Rasa menyukai olah raga yang mayoritas dilakukan kaum pria kian menjadi manakala melihat sang kakak latihan.
“Lucu aja waktu liat kakak loncat sana loncat sini di tanjakan dan berm. Akhirnya jadi ketularan juga deh,” lanjut satu-satunya putri dari pasangan H Deden Diana dan Nina Kurniasih.
Keseriusan menapaki ajang balap Grasstrack atau Motocross dilalui dengan sering mengikuti berbagai ajang balapan di seputar Jawa Barat hingga ajang nasional.
Suka duka saat mengikuti balapan kerap menerpa gadis yang masih menimba ilmu di SMU N 1 Dayeuhkolot, Bandung. Terlebih kenangan yang tak akan terlupakan waktu ikutan balapan seri Kejurnas Grasstrack atau Motocross di Cikarang tahun 2010 kemarin. Satu-satunya crosser cewek yang kini masih duduk di kelas 3 SMU ini tetap nekat turun di kelas Executive.
“Ada crosser cowok yang bilang, udah mendingan jangan ikutan balapan soalnya lintasan berlumpur kamu pasti ga bakalan bisa. Begitu lepas start kita bertempur habis-habisan, eh ternyata aku bisa masuk podium meski juara ke 5. Crosser yang tadi ngeledekin malah ga masuk finish he he,” terang cewek ABG yang sehari-hari ngebejek motor Honda Beat atau Suzuki Satria FU 150 buat sarana transportasi ke sekolah.
Melihat kegigihan putra-putri tercinta, berbagai sarana dan prasaran diberikan sang ortu dengan harapan bisa menyalurkan hobi yang positif, bahkan bisa meraih prestasi terbaik.
“Memang kami sudah menyediakan sirkuit dekat rumah, namanya Sirkuit Adihtya HBR. Sirkuit itu selain sebagai tempat latihan putra-putri saya juga sering dijadikan latihan oleh crosser-crosser muda Jabar lainnya bahkan sering juga dipakai untuk balapan resmi mulai dari ajang lokal hingga kejurnas,” terang pria yang menamakan sirkuitnya untuk mengenang anak pertamanya, Adhitya HBR, yang meninggal saat mengikuti balapan kejurnas Motocross tahun 2008 silam.
Kematian sang kakak tercinta ternyata tidak mengecilkan hati dan nyali dara yang kini sudah lihai menekuk setang Honda CRF jebolan tahun 2008.
“Selain karena hobi, saya nekat jadi crosser guna meneruskan cita-cita almarhum kakak tercinta untuk bisa berprestasi dan bersaing dengan para crosser pria,” ujar dara yang punya jadwal latihan super ketat ini.
“Biasanya sih latihan fisik tiap pagi dan sore hari sementara untuk latihan balapnya tiap hari Rabu dan Sabtu di Karawang. Hari Minggu full latihan di sirkuit sendiri bareng kakak atau teman satu hobi lainnya,” lanjut dara yang memiliki segudang prestasi di ajang balap Grasstrack atau Motocross ini. Salute…!!!
Nih, data prestasi si eneng geulis :
Juara 5 kelas Khusus Wanita Kejurda Grasstrack tahun 2008
Juara 5 kelas Special Engine (SE) 125cc Eksekutif tahun 2009
Juara 3 kelas Khusus Wanita Kejurda Grasstrack tahun 2009
Juara 5 kelas Special Engine (SE) 85cc Kejurda Grasstrack tahun 2010
Juara 1 kelas Khusus Wanita Kejurnas Grasstrack tahun 2010
Juara 4 kelas Special Engine (SE) 85cc tahun 2011
Juara 3 kelas Special Engine (SE) 85cc tahun 2011
Juara 1 kelas Khusus Wanita Super Grasstrack tahun 2011
Jauar 1 kelas Khusus Wanita Kejurnas Grasstrack tahun 2011

Ditulis Oleh : Cindy Auliya Hari: 22.50 Kategori: